Selasa, 10 Maret 2009

FTV Spesial Hari Idul Fitri " DONGENG PASIR "

( data : Kompas. 22 Nopember 2003)
Stasiun RCTI, menyambut Lebaran kali ini dengan menyuguhkan program unggulannya, seperti telesinema Dongeng Pasir, ada juga film remaja yang laris manis itu, Ada Apa Dengan Cinta? (A2DC), hingga penayangan film fenomenal karya sutradara Iran Majid Majidi, Children of Heaven.
Dongeng Pasir, yang merupakan produksi in house RCTI, akan ditayangkan pada hari kedua Lebaran, Rabu (26/11) pukul 13.00 WIB. Sementara, film yang dibintangi aktris muda jelita Dian Sastrowardoyo, A2DC?, akan diputar pada hari pertama Lebaran, Selasa, (25/11) pukul 20.00 WIB.
Dikatakan sutradara Hanny Mustofa, telesinema Dongeng Pasir mengangkat persoalan yang dialami masyarakat pesisir di Kepulauan Riau. Telesinema yang digarap bareng RCTI dengan Dewan Kesenian Kepulauan Riau itu, diangkat dari sebuah karya puisi. "Ini tantangan bagaimana memvisualisasikan karya puisi dalam bentuk telesinema," katanya kepada pers di Stasiun RCTI, Kamis (20/11).
Untuk menghadirkan nuansa masyarakat yang khas, Hanny bahkan merekrut hampir seluruh pemainnya dari penduduk asli di sekitar lokasi syuting. "90 persen adalah pemain lokal. Saya ingin menonjolkan keaslian dari karakter mereka," katanya, seraya menambahkan lokasi syutingnya sendiri dilangsungkan di kawasan Tanjung Pinang, Desa kamal, Desa Trikora, Lagot, Pulau Penyengat dan Pulau Bintan.
Sementara dikatakan produsernya,dari segi cerita film ini sangatlah ringan, namun banyak mengandung kritik sosial, "Ada hiburannya, idealisme, dan kritik sosial. Saya pikir tontonan semacam ini langka. Lewat telesinema ini, kami mencoba menyoroti persoalan pencurian pasir yang berdampak pada kehidupan masyarakat Kepulauan Riau" katanya mengomentari alur cerita yang akan disajikan.

Sutradara : Hanny Mustofa.

Pemain : Kinaryosih, Elma Theana, Billy Bujanger

Mendapat penghargaan sbg FTV berbudaya
Produksi RCTI & Dewan Kesenian Kepulauan Riau, Tahun 2003.Produser : Lies Yanti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar